Jumat, 02 November 2012

Outsourcing Perusahaan Budak?

Outsourcing, mungkin istilah ini tidaklah asing bagi para sarjanawan yang baru saja meninggalkan kampus. Ini adalah istilah yang selalu menyambar telinga saya saat mendengar diskusi teman yang sedang mencari lapangan pekerjaan. Outsourcing atau alih daya merupakan jasa yang dikelolah oleh perusahaan yang menyediakan tenaga kerja bagi perusahaan yang membutuhkan. Jasa ini bersifat kontrak atau dalam jangka waktu tertentu dengan perjanjian tertulis. Istilah lainnya adalah pemborongan tenaga kerja.

Secara sederhana, Perusahaan outsourcing merupakan badan hukum yang memiliki pekerja yang siap dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan yang telah terikat bisnis dengan perusahaan outsourcing. Pertanyaannya kemudian, apa dampak bagi para pekerja yang menjadi salah satu bagian dari outsourcing?

banyak karya ilmiah yang membahas mengenai perusahaan-perusahaan outsourcing. Mulai dari dampak bagi perusahaan yang menggunakan jasa perusahaan outsourcing untuk tenaga kerjanya, sampai pada dampak dari pekerja. Celakanya, para karyawan outsourcinglah yang ternyata yang menghidupi perusahaan outsourcing. Jasa yang diberikan oleh perusahaan outsourcing kepada Prusahaan kliennya bukan hanya dibayar oleh perusahaan klien. Tapi Keuntungan Perusahaan juga diambil dari gaji Karyawan yang diterima dari perusahaan. Setiap penerimaan upah karyawan, perusahaan outsourcing juga memangkas gaji karyawan.

Singkatnya Pekerja outsouching yang bekerja di salah satu perusahaan yang mejadi klien perusahaan outsourcing yang mempekerjakannya, selalu menghantui upah yang dia dapatkan setelah bekerja. Ini tentu saja bukan sekadar masalah balas jasa perusahaan outsourcing yang telh mempekerjakannya. Namun, Sistem ekonomi kapitalisasi yang memanfaatkan alat produksinya dengan managemen rumit sehingga merugikan pekerja dan menjadikan kesejahteraan lebih memihak pada pemilik modal.

Semoga dugaan dan opini saya salah. Maka dari itu saya mengundang anda dalam diskusi Koridor yang dilaksanakan oleh Keluarga Mahasiswa Sosiologi Fisip Unhas. Membahas mengenai Kapitalisasi Alat Produksi Perusahaan Outsourcing. Yang dilaksanakan pada Senin 5 November 2012 Pukul 13.00 di Koridor Sekretariat KEMASOS FISIP UNHAS Kampus Unhas Tamalanrea.

Buat apa hidup jika tak ada otak? buat apa punya otak klo tidak berpikir?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara berkomentar,
Jika Punya akun google atau akun yang tersedia, pilih salah satunya untuk login
tapi klo tidak mau repot, atau tidak punya pilih opsi name/Url. trus isi nama dan jika perlu URL kosong juga tidak apa-apa. trus masukkan komentar dan klik poskan komentar. sudah...... terima kasih atas komentar anda