Selasa, 27 Desember 2011

Bumi Manusia

Penulis
Pramoedya Ananta Toer

Bumi manusia adalah seri pertama dari tetralogi buru karya Alm. Pramoedya Ananta Toer. Novel ini ku dapatkan dari kegiatan Sekolah Meneliti yang diselenggarakan oleh AcSI (Active Society Institute).

Dalam membacanya kita seakan-akan kembali pada era kebangkitan negeri ini. Dikisahkan seorang pemuda bernama minke yang berdarah priayi namun berusaha melepaskan status kebangsaannya, dan memilih untuk hidup merdeka. dalam kisahnya minke kemudian bertemu dengan sosok perempuan yang kemudian ia cintai bernama annalies dan memiliki ibu bernama nyai Ontosoroh. Kehidupan Minke kemudian dipengaruhi oleh keluarga nyai ontosoroh yang sangat dikaguminya.

Pram memoles novel ini dengan gaya sastra yang khas dan dengan cerita yang penuh gejolak percintaan, nasionalisme, budaya dan agama. Dalam novel ini memiliki latar cerita era Kolonial, sehingga membawa kita seperti kembali pada jaman itu.

Setelah membaca novel ini akan terasa bayangan seperti apa hidup pada era itu, kisahnya yang begitu alami, seakan-akan kita berada dalam skenario dan menyaksikan langsung adegan demi Adegan dalam kisah novel ini. Novel ini bisa menjadi bahan bacaan rujukan bagi teman-teman. Beredar kabar bahwa pram menulis novel ini berdasarkan kenyataan, muncul nama seperti Tirto Adhi Suryo yang dalam rumornya sebagai minke. Sehingga muncul misteri dalam cerita ini fiksi atau non fiksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara berkomentar,
Jika Punya akun google atau akun yang tersedia, pilih salah satunya untuk login
tapi klo tidak mau repot, atau tidak punya pilih opsi name/Url. trus isi nama dan jika perlu URL kosong juga tidak apa-apa. trus masukkan komentar dan klik poskan komentar. sudah...... terima kasih atas komentar anda